Fjord – Mencari Makna Sebuah Nama


FYORD

Ini adalah tulisan pertama di laman blog gw yang dibikin tahun 2016 dengan intensi supaya rajin menulis buat exercise  (nyicil satu malam satu paragraf gitu). Tapi postingan pertamanya baru 2019 ya? Dari 2016 wacana emang! haha….  Wacana kalau dikumpulin dikit-dikit gak kerasa tiba-tiba udah menahun cuy! Jadi postingan pertama ini w dedikasikan untuk salah satu lingkaran pertemanan gw. W memiliki lingkaran pertemanan yang merupakan teman-teman satu Sekolah Dasar (SD) yang tingal  di satu komplek yang sama. Terdiri dari kurang lebih sepuluh sahabat yang ya…. beda-beda lah karakternya sebenernya, Kami menyebutnya “Fyord”. Persahabatan kami masih berjalan baik sampai sekarang, sampe udah pada punya anak. Di tulisan ini w gak bahas masalah yang berat-berat macem gimana pertemanannya, tapi cuman spesifik bahas seputar namanya aja  ya, “Fyord”

•••

Sebuah Pemberian

Pemberian nama Fyord, w sendiri lupa gimana detailnya. Tapi yang jelas nama itu diambil dari terminologi geografi “fyord”. Jadi dulu saat kita SMA, kita sama-sama belajar geografi, ya walaupun di sekolah yang berbeda. W ingat karena dulu Geografi, matematika, dan IT adalah tiga pelajaran yang paling tidak gw benci, makanya sekarang mengabdikan diri di bidang “Geoinformatika” haha.  Singkat cerita, saat itu salah satu dari kita mengajukan nama ini “fyord”, beserta alasannya kenapa. Kemudian terpilihlah nama itu menjadi nama pertemanan kita karena mungkin dianggap paling cocok, atau emang cuman itu pilihannya ya? w lupa. Tapi w sempat dengar samar-samar, begini kira-kira penjelasannya “Jadi katanya di buku geografi, fyord itu adalah   “…..Pulau-pulau yang ……terpisah tapi bertemu di ……seperti persahabatan kita yang…………….”

•••

Awal Sebuah Kebingungan

Suatu hari w  baca-baca katalog barang-barangnya IKEA, nama barangnya kan semua berbau skandinavia gitu, karena memang mereka asalnya dari Swedia kan.  Kemudian w merasa kok kayak gak asing ya dengan nama-namanya, yang terbersit di pikiran w saat itu adalah “Oh iya itu kan istilah-istilah di vikings”. Jadi saat itu w emang lagi giat-giatnya mantengin serial TV Vikings di History Channel, karena season sekarang lagi seru-serunya bos.

ssssss
katalog barang IKEA dan serial TV Vikings yang menjadi awal munculnya sok ide untuk membahas nama “Fyord”

Tapi kemudian setelah menyadari itu rasanya masih ada yang lain, “Oh iya si fyord ini kan juga istilahnya ngambil dari skandinavia”. Kemudian inget masih ada hutang mengenai makna dari si fyord ini. Isenglah w mencari definisi fyord itu apa via om google. Tak lama w panik, karena setelah mendapatkan beberapa definisi, yang umum, dari kamus, bahkan dari istilah akademik pun gak ada satupun yang “klik” dengan persepsi yang w dengar samar-samar itu.  Sebagai seorang yang mempelajari ilmu kebumian di perguruan tinggi w panik dong bos, haha.

•••

Pencarian Jawaban

Kemudian w tanyakan lah pada teman-teman yang lain. Seperti ini kira-kira jawaban yang didapat:

Iya katanya teh artinya beberapa pulau yg berdekatan apa ya kalau ga salah

karena rumah kita berdekatan

“Dulu sudut pandang  dari ahli geografi tuh gini, Fyord adalah satu pulau yg terpecah belah menjadi beberapa pulau. Disangkutpautkan dengan persahabatan kita memandang bahwa kita akan menjalani kehidupan masing masing dengan karir dan kesibukan masing2, tapi kita tetap berasal dari satu tempat satu nama satu hati yakni FYORD.”

Jadi dari penjelasan dua teman gw itu bisa disimpulkan bahwa memang definisi fyord yang dulu dipakai itu lebih ke “Pulau yang terpecah-belah menjadi beberapa pulau-pulau kecil yang berdekatan. Makna yang diambil yaitu “Walaupun kita akan mengambil arah dan jalan kehidupan masing-masing, tapi tetap berasal dari satu lingkaran pertemanan yang sama yaitu fyord”, CMIIW ya kawan-kawan. Kemudian w coba bedah seperti apa sih perbedaannya.

ilustrasi bentukan lansekap “fyord”

Kemudian w cari lah beberapa definisi terkait “fjord”. Gw cari yang versi bahasa inggris karena memang fyord ini fisiknya gak ada di indonesia cuy. W ambil dan catet beberapa definisi “fjord” yang ada di dunia maya (yang umum-umum aja ya), ngambil dari jurnal macem researchgate, elsivier, nature dll. sepertinya bakal terlalu berat dan terlalu akademik. Isinya mah mirip-mirip lah. Beberapa definisi w gabungin aja biar bisa diambil sintesisnya.

beberapa definisi “Fjord” yang dimuat di beberapa situs

Berdasarkan definisi-definisi tesebut bisa dikatakan bahwa fjord adalah badan air yang panjang, sempit, dan dalam yang menjorok ke daratan dan dikelilingi oleh daratan yang sangat curam. Bisa dilihat bahwa definisi awal teman-temanku yang diambil dari buku geografi SMA itu dan definisi sebenarnya jelas terdapat perbedaan. Di satu sisi membicarakan pulau (daratan), di sisi lain membicarakan badan air (lautan). Pusing kan??

Nah jadi, ternyata itu sangat mungkin terjadi kalau kita lihat dari bentukan ilustrasi fyord. Pulau (daratan) yang kepotong air laut sama air laut yang memotong pulau (daratan) ilustrasi bentang alam pasti sama dong. Kalau digambarin gambarnya seperti dibawah ini.

•••

Menggali Makna

Lalu dengan perbedaan ini apa yang ingin dicari. Ya, w ingin cari tau apakah dengan adanya salah persepsi ini akan merubah makna awal jika kita merubah/merevisi/mengamandemen definisi fyord ke yang sebenarnya. Lalu selama pencarian itu w baru sadar bahwa Fjord yang sesungguhnya adalah bentang alam yang sangat unik dan spesial. Jadi kemungkinan mengekstraksi makna-makna tersembunyi dibalik itu sangat besar.

karakteristik bentang alam fjord

Pertama, fjord merupakan badan air yang terhubung ke lautan dan bersumber dari gletser serta memiliki path/ arah aliran sendiri dan cukup panjang. Dikait-kaitkan dengan makna pertama,

“Walaupun Kita akan mengambil arah dan jalan kehidupan masing-masing, tapi tetap berasal dari satu lingkaran pertemanan yang sama yaitu fyord”

Bisa lah ya.

Yang kedua, bentukan fjord adalah panjang, sempit, dan sangat dalam. Panjang kalau dikaitkan ke ranah pertemanan, ya bisa berarti umur pertemanan kita bisa panjang dan abadi, bukan pertemanan yang bersifat sementara. Sempit artinya pertemanan kita memiliki lingkaran utama yang sempit (terbatas). Dalam disini dikaitkan terhadap dalamnya ikatan batin dan rasa saling pengertian yang kita miliki dalam lingkaran ini.

Yang ketiga, fyord berada diantara (diapit) bukit-bukit curam yang menjulang tinggi. Tebing-tebing curam dan bukit yang tinggi ini sebenarnya yang membuat fyord memiliki bentuk yang sempit dan dalam. Karakteristik seperti itu membuat badai dari lautan jarang sekali mampu untuk melakukan penetrasi/masuk ke dalam sebuah fyord. Kira-kira apa dua tebing itu? Ya, Rasa saling percaya dan komitmen yang tinggi.

Yang keempat, fyord diambil dari istilah norwegia yang bermakna “Where we passing through” yang makna lokalnya kurang lebih seperti ini: “Tempat dimana kita akan selalu melewatinya kemanapun kita pergi”. Ini mah w cocokologi aja ya, jadi fyord akan selalu menyertai, kemanapun dan seberapa jauh arah kehidupan kita.

•••

Sebuah Kata Benda Baru

Yang dilakukan dalam penggalian makna di bagian sebelumnya adalah mencari definisi lain dari sebuah kata dalam konteks yang berbeda. Komponen utama dari sebuah kata dalam Kamus/tesaurus setidaknya terdiri dari penulisan kata, jenis kata,  pelafalan, definisi, dan karakteristik. Secara formal, “Fjord” adalah sebuah kata benda yang memiliki definisi “A long, narrow, deep inlet of the sea between high cliffs”. Definisi diatas jika ditelaah strukturnya kurang lebih seperti ini.

Adj   –   (n.)S   –   Adv.P   –   (n.)O.

Kata Sifat – Kata Benda (Subjek) – Ket. Tempat – Kata Benda (Objek)

Kita dapat menggunakan struktur yang sama untuk menghasilkan definisi semu yang baru. Yang gw lakukan adalah mengubah kata-kata yang digunakan dalam definisi tersebut. Kata-katanya kurang lebih menjadi seperti ini:

Adj (Kata Sifat) : long-term, narrow, and deep understanding (Bersifat Jangka Panjang, Sempit, dengan Pengertian yang dalam).

n.(Subjek): Friendship (Persahabatan)

n.(Objek): Mankind (Kelompok Manusia)

Jadi kira- kira seperti ini definisi baru yang dihasilkan:

“Sebuah persahabatan jangka panjang, terbatas, dengan pengertian yang dalam diantara sekelompok manusia.”

“A long-term, narrow,  with deep understanding friendship between mankind”

Gw ambil karakteristik paling menonjol yaitu sempit dan dalam. Sempit, sedemikian hingga badai di lautan tidak bisa masuk kedalam wilayah fyord. Sangat dalam, bahkan kedalaman lautan tak mampu mengimbangi.

“So narrow even the storm can’t pass,

So deep even the ocean can’t fathom”

FYI, “Fathom” adalah kata yang biasanya digunakan untuk menyatakan ukuran kedalaman tingkat pemahaman, pengertian. BTW, dibawah ini adalah perbandingan antara kata “fjord” yang asli sama yang baru dikarang-karang (bedanya cuman di maknanya aja sih wkwk)

Word-card dari Fjord dengan definisi sebenarnya dan definisi baru

Sejauh ini w baru bahas masalah nama dan makna. next kayaknya mau bahas warna dan simbologi. Mohon maaf tulisan ini strukturnya berantakan dan tidak baku karena emang bukan penulis, dan aslinya dibikin dalam B.Inggris dalam rangka tugas di sebuah tempat kursus. Pas diterjemahkan jadi pusing dari sejak kata “I” mau diterjemahkan jadi apa. Maka dari itu dibuatlah kata ganti orang pertama yang baru “w” dan “gw”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.000webhost.com